November 30, 2021

VIRAL Video Pengendara di Grobogan Kena ‘Prank’ Lampu Lalu Lintas, Mau Hijau Malah Balik Merah

Video beberapa pengendara yang terkena prank lampu APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas), viral di media sosial. Video tersebut awalnya diunggah oleh akun TikTok @prakassetyawan pada Minggu (23/5/2021) lalu. Kemudian, video tersebut diunggah ulang oleh akun TikTok @riznha_zhafira pada Senin (31/5/2021).

Dalam video tersebut, terlihat dua pengendara motor yang tengah berhenti karena lampu APILL/lampu lalu lintas bertanda merah. Keduanya tampak fokus mengamati hitungan mundur dari lampu lalu lintas berwarna merah itu. Namun, setelah mendekati hitungan untuk berubah warna menjadi hijau, mereka tampak kebingungan.

Pasalnya, lampu APILL tersebut justru mengulang hitungan mundur saat mendekati angka nol. Sontak, pengendara yang sudah bersiap siap untuk melanjutkan perjalanan pun mengurungkan niatnya. Padahal, mereka terlihat hendak menjalankan motornya ke depan.

Kejadian yang sama pun terulang beberapa kali oleh para pengendara baru. Hingga akhirnya, lampu APILL tersebut berubah menjadi hijau dan pengendara berhasil melanjutkan perjalanannya. Alhasil, kemunduran pengendara yang tertipu lampu APILL pun menjadi viral di media sosial.

Hingga Rabu (2/6/2021), video tersebut telah ditonton sebanyak 5 juta kali. Video tersebut juga disukai lebih dari 447 ribu kali dan mendapat lebih dari 5 ribuan komentar dari warganet. Banyak warganet yang mengaku ikut tertawa menyaksikan kejadian dalam video tersebut.

Ada yang menebak jika lampu APILL tersebut berada di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. Ada pula warganet yang mengaku pernah mengalami hal yang sama. "Kasian bapak bapaknya sampe pegel gara gara liatin atas, tapi dalem hati pasti ngakak," tulis akun @sishinryujin.

"Gue juga pernah lampunya merah terus kuning terus merah lagi," kata akun @bayurasp. "Itu kayaknya di Purwodadi," tambah akun @damass29. Prakas mengatakan, video tersebut ia rekam di Jalan Gatot Subroto, tepatnya di perempatan RS Panti Rahayu Yakkum, Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah pada Minggu (23/5/2021) lalu.

Warga asli Purwodadi ini mengatakan, lampu APILL tersebut sudah rusak selama lebih dari satu bulan lamanya. Tepatnya, sekira awal bulan Ramadan 2021 lalu. Ia pun mengetahuinya lantaran hampir setiap hari melewati lampu APILL tersebut.

"Kayaknya dari puasa, soalnya saya sudah sering kena (prank lampu APILL) dari puasa minggu kedua." Setelah video tersebut menjadi viral, Prakas mengaku tak begitu kaget. Pasalnya, ia hanya iseng saja merekam aksi pengendara yang terkena prank oleh lampu APILL.

Ia pun tak menampik jika sering melihat pengendara lain yang ikut terkena prank lampu APILL tersebut. Untuk itu, Prakas yang sehari hari bekerja sebagai fotografer ini berharap, lampu APILL tersebut bisa segera diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *