November 30, 2021

Selain Tegas, Jokowi Minta Polri Juga Berwajah Ramah 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan sejumlah hal kepada jajaran Polri dalam peringatan Ke 75 Hari Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Kamis, (1/7/2021). Di antaranya, Jokowi meminta Polri berwajah ramah dan menjadi pengayom masyarakat. "Polri bukan hanya tampil tegas dan tanpa pandang bulu. Tetapi harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Polri juga harus berwajah ramah dan selalu bersifat melayani masyarakat luas," kata Jokowi.

Polri juga kata Jokowi harus Presisi dalam menjalankan kewenangannya, harus akurat dalam mengambil keputusan, dan selalu merujuk pada Undang undang. "Selain itu harus menjunjung tinggi norma norma martabat masyarakat," katanya. Oleh karena itu, agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut, Jokowi meminta Polri meningkatkan Sumber Daya Manusianya (SDM).

Presiden meminta pengembangan SDM Polri diperhatikan secara serius. "Rekruitmen, pendidikan dan promosi harus dilakukan secara transparan dan akuntabel. Harus mencari karakter yang sesuai dengan tugas tugas polri dan harus menguasai perkembangan Iptek terbaru," tuturnya. Kepala Negara juga meminta Polri memperkuat manajemen kelembagaan dalam rangka menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks.

Polri harus membenahi secara komprehensif kebijakan perencanaan, kebijakan pengorganisasian, dan kebijakan penganggaran. "Serta monitoring dan evaluasi dengan memanfaatkan pengetahuan dan teknologi terkini, untuk mendukung Polri yang modern," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *