December 4, 2022

Manfaat Vitamin K2 Untuk Kesehatan

Tubuh manusia membutuhkan vitamin dan juga senyawa lainnya untuk menopang kinerja system metabolism. Salah satunya yaitu vitamin K2 yang memiliki peran penting di dalam tubuh. Sebab vitamin tersebut berperang dalam proses pembekuan darah ketika tubuh mengalami perdarahan yang dapat membahayakan nyawa manusia.

Manfaat Vitamin K2 Dan Cara Mendapatkannya

Vitamin K2 ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yang mana diantaranya seperti berikut ini:

 Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Vitamin ini merupakan sumber metabolisme tulang. Yang mana dapat membantu proses aktivasi osteocalcin dan juga matrix gla protein. Kedua protein tersebut lah yang bertugas untuk mengikat kalsium. Dengan demikian dapat membantu pembentukan dan juga memelihara kesehatan dari tulang.

 Membantu Mengurangi Kejadian Osteoporosis

K2 memang merupakan vitamin yang paling berperang untuk tulang. Termasuk di dalam nya adalah untuk mengurangi terjadinya pengeroposan tulang. Biasanya dimana wanita menopause yang paling sering mengalami osteoporosis.

Dengan mengkonsumsi vitamin K secara teratur dan melakukan pemeriksaan rutin, tentunya kejadian osteoporosis dapat diturunkan.

Membantu Menjaga Kesehatan Gigi

Vitamin K ini bukan hanya bagus untuk kesehatan tulang, namun juga sangat bagus untuk kesehatan gigi. Hal tersebut berkat kandungan dari osteocalcin yang dihasilkan oleh vitamin K. Osteocalcin itulah yang berperang untuk meningkatkan kesehatan tulang pada gigi. Tentunya dengan diimbangi dengan menjaga dan merawat gigi dengan cara menggosok gigi.

Menurunkan Terjadi Penyakit Jantung

K2 ini merupakan vitamin yang memiliki kandungan Kalsium tinggi. Kalsium ini mampu mencegah terjadinya pengendapan darah pada dinding pembuluh darah. Dengan demikian maka vitamin ini mampu menjaga jantung menjadi lebih sehat.

Dengan demikian terjadinya kejadian penyakit jantung juga dapat diturunkan resikonya. Tentunya dengan rutin mengkonsumsi makan yang banyak mengandung vitamin K dan juga senantiasa melakukan pemeriksaan kesehatan.

Membantu Mencegah Kanker

Antioksidan tinggi yang terkandung dalam vitamin ini terbukti mampu mencegah terjadinya kejadian kanker. Misalnya saja untuk proses penyembuhan kanker hati, kanker prostat dan juga tumor. Tentunya dengan untuk pengobatan harus dibantu dengan catatan medis dan juga obat-obatan dari dokter.

Sumber Vitamin K

Sumber dari Vitamin K2 ini bisa didapatkan dari makanan sehari-hari, misalnya seperti berikut.

  1.   Susu berlemak tinggi, misalnya saja keju
  2.   Salmon
  3.   Jeroan dan hati
  4.   Ayam
  5.   Kuning telur
  6.   Makanan yang mengalami proses fermentasi, contohnya natto, tempe dan yang lainnya.
  7.   Vitamin K dalam bentuk tablet ataupun sirup

Seperti yang diterangkan di awal, bahwa kekurang vitamin K ini beresiko pada proses pembekuan darah. Yang mana ketika terluka dan mengeluarkan darah tentunya tubuh akan sulit melakukan pembekuan darah yang berakibat terjadinya perdarahan.

Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin ini, bisa dengan mengkonsumsi makanan yang banyak kandungan vitamin K. Bisa juga dengan mengkonsumsi obat-obatan vitamin K. Namun tentunya dengan pengawasan dokter dan petunjuk penggunaan yang tepat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *