November 30, 2021

Film Nomadland Menghantar Chloe Zhao Raih Predikat Sutradara Terbaik Asia Pertama di Piala Oscar

Sutradara asal Tiongkok, Chloe Zhao berhasil meraih predikat sutradara terbaik di ajang penghargaan Academy Awards ke 93 atau Oscar 2021 lewat film Nomadland. Dalam nominasi ini, ia berhasil mengalahkan Lee Isaac Chung (Film Minari) yang diprediksi akan memenangkan penghargaan ini. Tiga sutradara lain yang turut ia kalahkan yakni Thomas Vinterberg (Film Another Round), David Fincher (Film Mank), dan Emerald Fennell (Film Promising Young Woman).

Piala Oscar ini menjadi yang pertama bagi sutradara asal Tiongkok sekaligus menjadi wanita Asia pertama yang berada di nominasi serta memenangkan sutradara terbaik Piala Oscar. Pada Oscar 2021, ia juga dinominasikan di dua kategori lainnya, yaitu Best Adapted Screenplay, dan Best Achievement in Film Editing. "Ini untuk siapa saja yang memiliki keyakinan dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam dirinya sendiri, dan untuk mempertahankan kebaikan dalam diri satu sama lain," ujar Chloe Zhao dalam pidato kemenangannya, Senin (26/4/2021).

Film Nomadland diadaptasi dari buku non fiksi bertajuk Nomadland: Surviving America in the Twenty First Century karya Jessica Bruder. Film ini tayang perdana pada 11 September 2020 di Festival Film Venesia dan memenangkan penghargaan Golden Lion. Mengisahkan tentang Fern (Frances McDormand) yang mengalami masa masa sulit setelah kematian suaminya. Situasi kian parah karena ia tak lagi memiliki pekerjaan setelah pabrik gipsum di kotanya tutup.

Sekadar informasi, Chloe Zhao merupakan seorang sutradara, produser dan penulis naskah Tiongkok. Ia dikenal sebagai sutradara film Amerika Serikat Songs My Brothers Taught Me dan The Rider. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *