October 25, 2021

Cerita Perajin Peti Jenazah yang Banjir Orderan di Masa Pandemi, Senang Campur Sedih

"Kalau mau ambil gambar silakan, tapi untuk wawancara kayanya sulit, kita lagi ditarget." Penrajin peti jenazah di bawah naungan CV. Sahabat Duka yang berlokasi di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur ini, banjir orderan seiring jumlah kasus kematian akibat virus Covid 19 yang terus meningkat belakangan ini. Aris yang merupakan Karyawan CV. Sahabat Duka, mengaku setiap hari bersama rekan rekan harus ditarget oleh bos untuk menyelesaikan puluhan peti jenazah pesanan customer yang tak pernah henti selalu datang.

Pesanan yang berasal dari pihak Rumah Sakit ataupun perorangan dengan dominan pemesan berasal dari wilayah Jadetabek. "Buat sekarang bisa sampai 40 peti keluar per hari," katanya sambil tetap melakukan pekerjaan. Aris mengatakan, lonjakan pemesanan peti ini merupakan yang tertinggi sejak pandemi Covid 19 melanda Indonesia.

Bahkan kata dia, kabar kematian itu semakin akrab selaras dengan update pertambahan jumlah pasien dan korban meninggal yang sering dilihatnya di media. "Ini tertinggi sih, dibanding yang pertama kali," ucapnya singkat dengan baju penuh cipratan cat. Kondisi seperti ini kata Aris turut menciptakan dilema.

Dia menyikapi hal seperti ini dengan beragam perasaan. Senang karena memiliki penghasilan lebih dari bos jika mampu mencapai target, tapi sedih karena semakin banyak pesanan maka semakin banyak juga masyarakat yang meninggal dunia akibat wabah ini. "Kalau senang ya pasti, penghasilan jadi bertambah juga buat keluarga, tapi kan kalau begini (pesanan banyak) berarti banyak yang meninggal juga, jadi sedih juga," tutur Aris sambil memperhatikan detail hasil cat yang dituangnya.

Di akhir dirinya juga turut berpesan, kepada masyarakat khususnya kepada rekan pers, untuk senantiasa menjaga kesehatan. Mengingat kondisi penyebaran virus yang makin memprihatinkan. "Makanya bang, jaga kesehatan yang terpenting, kondisinya lagi kaya gini," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *